Lampu Kuning! Utang Pemerintah Tembus Rp 6.500 Triliun!

VIVA - Kementerian Keuangan Republik Indonesia mencatatkan total utang pemerintah pusat melonjak Rp6.527,29 triliun. Angka tersebut naik Rp82,22 triliun jika dibandingkan bulan sebelumnya. Kenaikan ini menyalakan alarm bahaya.


Baca berita terbaru, terkini dan terpopuler disini www.viva.co.id/

Komentar

  • Mashury Albarkah
    Mashury Albarkah15 hari yang lalu

    Utang utang utang !!!

  • aji channel
    aji channel16 hari yang lalu

    SAAT KAMPANYE BILANGNYA GAK BAKALAN NGUTANG TAPI KENYATAAN NYA BERBEDA...

  • Update CRYPTO INDONESIA
    Update CRYPTO INDONESIA16 hari yang lalu

    ini nasib rakyat kecil... Bingung saya nanti bayarnya pake apa, negara ini di jual ke luar negeri. Sepeserpun saya tidak merasakan mampaat langsung Prakerja udah 12 x daftar gagal trus.

  • Tuti Agustiana
    Tuti Agustiana16 hari yang lalu

    Wadoww, bagaimana cara melunasinya pak?kalo hutang dipake benar2 untuk investasi bangun infrastruktur nggak masalah kayaknya.....tapi nyatanya banyak yang BOCOR... ke tangan koruptor...bgmn tuh pak presiden?

  • Agus Lukman
    Agus Lukman16 hari yang lalu

    Sabaarrr,, Jokowi sedang berusaha menepati janjinya.. 11rb T dikantong.. Sesuai target thn 2024 11rb T.. Tapi ngutaaangg😂😂😂

  • firman istiadi
    firman istiadi16 hari yang lalu

    Santuy bro...mungkinkah jual papua barat ke australia jo singapura jo amerika lewat skema papua merdeka.

  • ALFi BJM
    ALFi BJM16 hari yang lalu

    Perasaan zaman sekarang org pada gk peduli lagi kali nya ketika negara menuju kebangkrutan kaya gini.. Apalgi di medsos jika ada org yg khawatir dn kritis menegur pemerintah ,pasti ujung²nya di kucilkn, di musuhi, dll.. Jangan smpai lah penyesalan terjdi di kemudian hari...

  • Rafa Rahman

    Rafa Rahman

    16 hari yang lalu

    Negeri kita sudah bangkrut. Hati2 BuzerrRp bro. Nanti kita di bully. 🙄

  • Potato!
    Potato!16 hari yang lalu

    Sangat membagongkan

  • Rumah Kita
    Rumah Kita16 hari yang lalu

    Miris....kok bisa jual harga diri bangsa....

  • Kreasi Properti
    Kreasi Properti16 hari yang lalu

    Kalian semua kena Prank Jokowi 😂😂😂

  • Ahmad fadli
    Ahmad fadli16 hari yang lalu

    Prestasi yg patut di acungi jempol 🤣🤣

  • M2 Cell
    M2 Cell16 hari yang lalu

    Saya pendukung pak jokowi...saya tau jalan pikiran presiden saya.

  • M2 Cell
    M2 Cell16 hari yang lalu

    Presiden akan datang harus bisa ngutang ribuan trilyun...kita bagi bagi seluruh republik ini....selesai. paham?

  • M2 Cell
    M2 Cell16 hari yang lalu

    Sampe mati lampu...kita bangsa berani...ingat yg penting uangnye bagi bagi seluruh rakyat republik ini...

  • M2 Cell
    M2 Cell16 hari yang lalu

    Tak perlu dibayar...hutang sebanyak banyaknya...6500 trilyun mah kecil...kalo bisa jutaan trilyun...siapa takut!

  • Ali pacino
    Ali pacino16 hari yang lalu

    Presiden' haus dengan uang negara

  • M2 Cell
    M2 Cell16 hari yang lalu

    Hutang lagi ..uang bagi bagi rakyat! Merdeka.....

  • The Ynot? Boy
    The Ynot? Boy16 hari yang lalu

    Azab RIBA negara full dtanggung pemerintah..gw ga mau ikutan nanggung meskipun kontribusi gw cuma bayar pajak motor doang..

  • BACKBONES
    BACKBONES16 hari yang lalu

    ekhm... orang² gajadi berangkat haji, duitnya gak sengaja kepake?😂

  • Naftali Bennett
    Naftali Bennett16 hari yang lalu

    Hahaha bayar woi

  • DORIS BARA
    DORIS BARA16 hari yang lalu

    Di rezim skrng , cuma bs ngotang,dn byk maling berkeliaran

  • 1 PERTANYAAN
    1 PERTANYAAN16 hari yang lalu

    *JOKOWI dan JOKOPLAK* JOKOWI: saat ini hutang negara udah banyak, entah gimana cara melunaskannya. JOKOPLAK: santai aja pak, jual aja kadrun untuk dijadikan budak, lalu hartanya kita ambil, miskin kan mreka,. JOKOWI: heh itu tidak manusiawi lho, JOKOPLAK: yang penting bapak tetap presiden,.

  • Vic Ind Mars
    Vic Ind Mars16 hari yang lalu

    Karna koruptor begitu terpelihara di negara ini ...

  • Faiz Bedel
    Faiz Bedel16 hari yang lalu

    Sungguh prestasi yg membanggakan, , , , ! ?

  • WARGA MARS
    WARGA MARS16 hari yang lalu

    Aku sih yes

  • Orang Pinggiran
    Orang Pinggiran16 hari yang lalu

    Hihi mantap. Teruskan 😂😂🤦‍♂

  • Hiroshima Sekarmayit
    Hiroshima Sekarmayit16 hari yang lalu

    Sebelum jokowi jadi presiden...indonesia juga udah punya hutang...dan ketambahan di jaman sekarang jadi 6000 sekian...terus presiden mendatang mudah-mudahan bisa memahami keadaan...

  • Putu Hendra
    Putu Hendra16 hari yang lalu

    Yg beginian takutnya kedepan bayar pajak sdah pasti naik dah, dibebanin ke masyarakat sendiri, stop dlu ngutang, lebih baik galakkan aturan pejabat yg korupsi, duitnya yg korupsi pake byar hutang, hukum mati yg korupsi, biar kyak di korea utara

  • Santri Dakwah
    Santri Dakwah16 hari yang lalu

    👏👏👏👏👏 YEEEEEE!!!

  • Montoran NGK
    Montoran NGK16 hari yang lalu

    Yaelah baru 6.500 masih banyak ceban

  • Esha Ihya
    Esha Ihya16 hari yang lalu

    Serasa berat beban Presiden selanjutnya dan seterusnya. Apakah pemimpin baik itu selalu menyelesaikan masalah negara hanya mengandalkan hutang dan hutang. Memang tidak mudah, tapi itulah konsekuensinya jika sudah menyetujui untuk menjadi pemimpin suatu negara.

  • paroneto wethey
    paroneto wethey16 hari yang lalu

    Saya ikut senang dengan prestasi negeri ini 😂...

  • idris yt halilintir
    idris yt halilintir16 hari yang lalu

    AYO BELI VAKSIN SINOVAK

  • Adi 04
    Adi 0416 hari yang lalu

    Jual ginjal semua pejabat

  • Syaeffull Rahadiansyah
    Syaeffull Rahadiansyah16 hari yang lalu

    Ayo tembus 10.000 tryliun dong Semangat

  • Bledux Rawe
    Bledux Rawe16 hari yang lalu

    Setelah melihat berita ini saya merasa hutang saya sangat sedikit, jadi lebih semangat buat mambah hutang lagi, cemungut cemungut cemungut

  • ipul gaming Jr
    ipul gaming Jr16 hari yang lalu

    Kalau mau lunas bikin youtube dong menteri keuangan bisa mengurangi hutang indonesia

  • Krisna Hidayatulloh
    Krisna Hidayatulloh16 hari yang lalu

    hanya era pak jokowi yang bisa kek gini

  • agum gumelar
    agum gumelar16 hari yang lalu

    Ayoo buzzer bipang serbu kolom komentar Serang...

  • Naftali Bennett

    Naftali Bennett

    16 hari yang lalu

    Lu makan babi yaa ? Cmana enak GK ?

  • keisya Cici Mican
    keisya Cici Mican16 hari yang lalu

    Bunuh aja kami warga indonesia

  • P!ATD4Life
    P!ATD4Life16 hari yang lalu

    OMG, NGERI😱

  • Yoonny Prassetyo
    Yoonny Prassetyo16 hari yang lalu

    Dibantu buat konten donk pinjaman hutang tiap2 periode pimpinan kepala negara dr R1 sd saat ini dan berapa pembayaran hutang yg dibayarkan pada periode nya dia Dan klo bisa dimasukin ke pelajaran sejarah indonesia

  • Anak Desa
    Anak Desa16 hari yang lalu

    Sampai kiamat tak habis2 hutang nya😭

  • King Coc
    King Coc16 hari yang lalu

    Pertamax

  • Gagal Fokus
    Gagal Fokus16 hari yang lalu

    Hutang segitu banyak kira kira kalo uang di beliin motor vixion itu cukup buat 170 juta penduduk indonesia , woow hebattt

  • Yudi Cahberjo

    Yudi Cahberjo

    16 hari yang lalu

    Knp hrs vixion Knp gk beat aja

  • Imam Fauzi
    Imam Fauzi16 hari yang lalu

    Semoga sampai 2024 gak tembus 11 rb trilliun bisa gak dah lebihnya uang dikantongnya

  • Imam Adhitya Adit
    Imam Adhitya Adit16 hari yang lalu

    Kalau mau maju, negara harus terpaksa untuk berhutang,agar negara ini bisa maju, contohnya seperti negara Singapura,yang hutangnya banyak demi masyarakat nya sejahtera

  • Noer Fahmi Sofian

    Noer Fahmi Sofian

    16 hari yang lalu

    @Imam Adhitya Adit iya tapi mereka di barengi dengan Income perkapita mereka besar, lah kita udah ngutang, income kita kecil, rakyat di peres. GDP per capita Increase $59,143 (nominal, 2021 est.)[4] Increase $97,262 (PPP, 2021 est.)[4]

  • Imam Adhitya Adit

    Imam Adhitya Adit

    16 hari yang lalu

    @Noer Fahmi Sofian Kata siapa Gatar tidak memiliki hutang,nih buktinya Utang Luar Negeri Qatar dilaporkan sebesar 103.9 USD bn pada 2010. Rekor ini naik dibanding sebelumnya yaitu 83.8 USD bn untuk 2009. Data Utang Luar Negeri Qatar diperbarui tahunan, dengan rata-rata 17.8 USD bn dari 2000 sampai 2010, dengan 11 observasi. Data ini mencapai angka tertinggi sebesar 103.9 USD bn pada 2010 dan rekor terendah sebesar 13.4 USD bn pada 2003. Data Utang Luar Negeri Qatar tetap berstatus aktif di CEIC dan dilaporkan oleh International Monetary Fund. Data dikategorikan dalam Qatar Global Database - Table QA.JB004: External Debt.

  • Noer Fahmi Sofian

    Noer Fahmi Sofian

    16 hari yang lalu

    @Alan G. Dan enggak rakus pula di korupsi makanya maju

  • Alan G.

    Alan G.

    16 hari yang lalu

    Lah mereka SDM maju, bisa manfaatin uang seberapa pun...

  • Noer Fahmi Sofian

    Noer Fahmi Sofian

    16 hari yang lalu

    @Imam Adhitya Adit ada Qatar kalau tidak salah ya, income perkapita nya besar, atau ada yang lain, coba deh logikanya bisa gak Negara Maju tapi gak ngutang

  • 태연
    태연16 hari yang lalu

    Nyegig cok

  • Suwandi 12345
    Suwandi 1234516 hari yang lalu

    Msih dikit emng kalau ngak ngutang bangun negra pake bacot doang

  • Tips Bayu
    Tips Bayu16 hari yang lalu

    2024 ganti presiden sak pengusung petugas partainya...😀

  • Umar Oyoot
    Umar Oyoot16 hari yang lalu

    mantap......masih dikit....... lanjutkan aja pak de.....duitnya buat para buzzer aja

  • andrian syah
    andrian syah16 hari yang lalu

    2024 LUNAS

  • andrian syah

    andrian syah

    16 hari yang lalu

    @P!ATD4Life 😂

  • P!ATD4Life

    P!ATD4Life

    16 hari yang lalu

    DENGAN CARA JUAL PULAU KE CINA

  • ljfxhakd sdfjsj
    ljfxhakd sdfjsj16 hari yang lalu

    Jokowi : masih aman tenang aja

  • P!ATD4Life

    P!ATD4Life

    16 hari yang lalu

    Yg ngutang Menkeu

  • Pasukan_Panji _HITAM

    Pasukan_Panji _HITAM

    16 hari yang lalu

    Ya kan di kantong Doraemonya ada 11 ribu T .

  • MVP FRONT
    MVP FRONT16 hari yang lalu

    up

Berikutnya